OTAK MANUSIA

Hai penjelajah Dunia Maya

Pernah gak sih terkagum kagum dengan misteri OTAK MANUSIA??
Gak pernah???
iiiiiiiishhhhhh .....terlalu hehehhehe...kagum dong dong dong dong ...[echo gua]

hmmm atau familiar dengan celotehan CAK LONTONG "gitu aja repot, mikir dong mikir" kurang lebihnya begitu heheheh ...[perlu gak ya ditampilin image cak lontong ...mikir ini mikir :p]
nah keluar juga ilustrasi cak lontong lagiiiiii

Menurut saya Cak Lontong ini cukup brilliant, cerdas, cemerlang, cetar membahana.
Siapa yang tidak terkecoh dengan kalimat:

"JANGAN PERNAH MEMBALAS BUDI, KARENA BELUM TENTU BUDI YANG MELAKUKAN"

"HAL TERPENTING DALAM PACARAN ITU, BUKANLAH PERBEDAAN USIA TAPI YANG LEBIH PENTING ADALAH PERBEDAAN KELAMIN"

"KALAU ANDA JELEK JANGAN TAKUT UNTUK MENCINTAI, KARENA YANG SEHARUSNYA TAKUT ADALAH ORANG YANG ANDA CINTAI"

"DARI HASIL SURVEY SAYA TERHADAP 100 IBU-IBU BAHWA SEMUANYA ADALAH BERJENIS KELAMIN PEREMPUAN"

Masih gak bilang Cak Lontong SMART, wew saya rasa ada yang salah di OTAK kamu hehehhee... atau mungkin kamu sedang bermimpi merangkai kata seperti dia.
Buat saya itu adalah salah satu cara ajaib otak bekerja dengan cepat .

Bagaimana kah sebenarnya cara kerja OTAK, sampai kita sebagai manusia suka cepat LUPA, TIDAK MELUPAKAN, ragu-ragu melangkah, pintar bermain kata dan lain lain lain lain sebagainya.


Ini lo isi kepala kita, jadi jangan ngaco deh kalau ngomong: ISI KEPALA SAYA HANYA KAMU!!!!
nah dimana cobak ditaroknya seonggok manusia dalam gumpalan otak hahahha...ketularan cak Lontong.

KORTEKS SEREBRAL :  dikenal sebagai korteks utama atau hanya korteks, adalah bagian dari otak yang menangani apa yang disebut "pikiran yang lebih tinggi."
Ada empat area di korteks serebral: frontal, parietal, oksipital, dan lobus temporal. Lobus Frontal mengolah dalam emosi, pemecahan masalah, berpikir kritis, kemampuan untuk merencanakan, dan mengenali dari bagian berbicara. Lobus temporal bertanggung jawab untuk fungsi korteks berkaitan dengan persepsi pendengaran, bahasa, dan memori. Di oksipital lobus didedikasikan untuk memproses informasi visual, sementara lobus parietal menangani gerakan sukarela, orientasi spasial, sentuhan, dan pengolahan angka.

Tu yang gak doyan matematika LOBUS PARIENTAL nya gak mau ngembang kalik yaaaa...wkwkwkwkw...duch saya banget itu, tapi gerakan spontan, sentuhan , orientasi spasial saya bagus loch...spot hitam nya cuman pengolahan angka ... ini mah ngaku-ngaku padahal hayaaaaaa....empat area korteks terkontaminasi . Hmmmm saya penasaran dengan LOBUS TEMPORAL ...mengenai memori, kenapa ada bagian yang diingat sangat dan ada yang dilupakan segera. Saya pelupa, tapi kenapa ada yang tidak bisa saya lupakan bertahun-tahun ....terus bagaimana proses sortirnya yaaaa... apa harus ada sensasi story kah?

seperti saya pernah dimarahin didepan kelas oleh seorang guru yang menuduh hal yang tidak saya lakukan, atau  saya pernah ketahuan ngumpet di bawah meja gorengan kantin gara-gara maksa mau sekolah ...hahahah ini yang kocak, wong saya mau sekolah kok gak boleh. Telat si iya tapi kan usaha loch saya untuk tetep belajar, ketahuan pula ... untung gak kepergok pas saya manjat temboknya yaaaaa... sebelnya sudah dicatat namanya gak tahu nya semua murid disuru pulang cepet karena ada rapat diknas... Ohemjiiiiii ...terlaluuuu kata Bang Rhoma.
atau memori pada hal yang sangat indah yaaa, dimana kita merasa melihat sosok fenomenal ....
bagaimana ya si Lobus itu memilah-milahnya ...apa dari pilihan ruh juga...haya tambah ngaco.
Saya pikir LOBUS FRONTAL nich yang kudu di awasin banget ....yang bikin manusia "kepleset-pleset" dalam hidup dalam proses pendalaman belajar yang di cerna di situ, duch saya masih belajar mengisi lobus ini dan saya rasa ini berjalan sepanjang hidup...ah makin ngaco ajaaaaa......

Mari teruskan ke fungsi otak selanjutnya.

KELENJAR PITUITARI/HIPOFISIS : disebut sebagai " master kelenjar " karena memonitor dan mengatur banyak fungsi tubuh melalui hormon yang menghasilkan. kelenjar yang dirangsang oleh hipotalamus dan mengontrol semua fungsi hormonal. Terletak di dasar otak tepat di bawah hipotalamus, kelenjar ini mengatur banyak produksi hormon besar di seluruh tubuh termasuk gonad, kelenjar adrenal, dan kelenjar tiroid.
Kelenjar ini terdiri dari dua bagian yang menghasilkan hormon-hormon yang berbeda:
  • di bagian anterior diproduksi hormon pertumbuhan (GH), hormon adrenokortikotropik (ACTH), hormon pemacu tiroid (TSH), luteinizing hormone (LH), hormon pemacu folikel (FSH), dan prolaktin (PRL)
  • di bagian posterior, diproduksi hormon oksitosin dan hormon antidiuretik (ADH).
Hormon-hormon ini untuk :
  • Pertumbuhan dan perkembangan reproduksi / seksual dan fungsi
  • Kelenjar (kelenjar tiroid, kelenjar adrenal, dan gonad)
  • Organ (ginjal, rahim, dan payudara)
HIPOTALAMUS: adalah bagian dari otak yang memiliki peran penting dalam mengendalikan fungsi tubuh banyak termasuk pelepasan hormon dari kelenjar pituitari. Nah harus ditunjang pertumbuhannya nich, karena perkembangan hormon pituitari kalau terhambat gaswat yaaaaa
Hipotalamus terletak di permukaan bawah otak. Itu terletak tepat di bawah thalamus dan di atas kelenjar pituitari, yang terpasang dengan tangkai. Ini merupakan bagian yang sangat kompleks dari otak yang mengandung banyak daerah dengan fungsi yang sangat khusus. Pada manusia, hipotalamus adalah sekitar ukuran kacang dan menyumbang kurang dari 1% dari berat otak.

Salah satu fungsi utama dari hipotalamus adalah untuk mempertahankan homeostasis, yaitu, untuk menjaga tubuh manusia tetap stabil, kondisi konstan.
Hypothalamus yang merespon berbagai sinyal dari lingkungan internal dan eksternal termasuk suhu tubuh, lapar, perasaan yang up penuh setelah makan, tekanan darah dan kadar hormon dalam sirkulasi. Hal ini juga merespon stres dan mengatur ritme tubuh kita sehari-hari seperti sekresi malam hari melatonin dari kelenjar pineal dan perubahan kortisol (hormon stres) dan suhu tubuh selama periode 24-jam. Hipotalamus mengumpulkan dan menggabungkan informasi ini dan menempatkan perubahan di tempat untuk memperbaiki ketidakseimbangan.

#hmmmhipotalamussayabelakangantergangguberarti
#pegangankursiuntukkeseimbangan

TALAMUS: Talamus adalah struktur di tengah otak, terletak antara korteks serebral dan otak tengah. Ia bekerja untuk mengkorelasikan beberapa proses penting, termasuk kesadaran, tidur, dan interpretasi sensorik. Di otak, talamus berfungsi seperti operator telepon bagi tubuh. Talamus sangat penting dalam menyampaikan informasi sensorik ke otak.
"hallo-hallo ini talamus kamu dapat talam dari si mus" hehehehe ...ngaco lagi

Salah satu indera utama kita adalah penglihatan. Setiap kali gambar menyentuh retina mata impuls dikirim ke talamus, dan relai informasi ke lobus oksipital otak, di mana informasi visual diproses. Kita juga sangat bergantung pada pengertian kita tentang pendengaran. Setiap kali suara ditangkap oleh telinga bagian informasi diproses melalui bagian dari Talamus ke kompleks pendengaran utama dari otak, di mana ia dapat diinterpretasikan dan dikenali.
Talamus juga berfungsi dalam menentukan tingkat kesadaran kita. Para ilmuwan telah menentukan bahwa talamus memiliki peran dalam mengatur waktu kita tidur dan terjaga. Ini membantu untuk menentukan tingkat aktivitas kita, kesadaran, dan gairah.
 Individu yang menderita kerusakan talamus sering dibiarkan dalam keadaan koma permanen.

#serem
#maafyatalamustadimahsayabecanda

GANGLIA BASAL: Ganglia basal atau ganglia basalis adalah massa materi abu-abu di bagian dalam belahan otak. Ganglia basal merupakan struktur subkortikal terbesar di otak yang terletak di dekat talamus dan terdiri dari nukleus kaudatus dan nukleus lentikularis.

Ganglia Basal membantu mengontrol gerakan tubuh. Kontrol motor halus, di mana gerakan dimulai, berlangsung dan berakhir seperti yang diharapkan, sebagian dikoordinasikan oleh basal ganglia. Fungsi dari basal ganglia dapat terganggu oleh penyakit tertentu, menyebabkan kesulitan dalab berbicara serta gerakan. Pada penyakit Parkinson, sel-sel di basal ganglia mati, menyebabkan gejala gerakan menjadi lambat, gemetar dan otot terkunci. Kondisi seperti cedera kepala, tumor otak, stroke dan obat-obatan juga dapat merusak sel-sel otak dan mempengaruhi fungsi basal ganglia.

Fungsi dari basal ganglia terlibat dalam pengiriman sinyal saraf sepanjang dua jalur yang berbeda, salah satunya adalah langsung dan lainnya tidak langsung. Sinyal ini ditransmisikan ke bagian otak depan yang dikenal sebagai talamus, yang menyampaikan sinyal ke korteks serebral, pada daerah abu-abu otak. Diperkirakan bahwa jalur tidak langsung menekan tindakan yang bertentangan sedangkan jalur langsung memungkinkan tugas tertentu yang harus dilakukan. Untuk gerakan normal, jalur harus bekerja bersama-sama dengan benar dan apa pun yang mengganggu keseimbangan antara mereka dapat menyebabkan gangguan gerakan, seperti penyakit Parkinson.

SEREBELUM: Serebelum juga dikenal sebagai otak kecil. Otak kecil mirip dengan otak besar dalam hal keduanya memiliki dua belahan dan memiliki lipatan permukaan yang tinggi atau korteks.
Fungsinya:
1. Serebelum dikaitkan dengan regulasi dan koordinasi gerakan, postur dan keseimbangan.
2. Otak kecil menerima impuls sensorik dari otot, tendon, sendi, mata, dan telinga serta masukan dari pusat otak lainnya.
3. Instruksi serebelum secara tidak sadar dan otak besar secara sadar menentukan bagaimana dan kapan untuk memindahkan bagian tubuh.
4. Pengendalian Postur dan keseimbangan
5. Kontrol gerakan sadar

 BATANG OTAK : Fungsi utama dari batang otak adalah memastikan fungsi dasar penting kehidupan seperti detak jantung, tekanan darah dan pernapasan. Batang otak juga memainkan peran dalam gairah dan kesadaran.
Setiap informasi yang masuk atau meninggalkan otak harus melewati struktur ini. Batang otak terdiri dari otak tengah, pons, dan medula oblongata, masing-masing memainkan peran yang berbeda dalam mempertahankan kehidupan manusia.


Ilustrasi otak kiri dan otak kanan

Waaaahhhh saya membacanya merinding uiiiii
Masing-masing fungsi otak itu sangat sensitif banget ya penjelajah dunia maya.... duch makanya kita mesti kasi pupuk otak kita dengan udara segar dan vitamin deh.
Itu makanya mengerikan sekali jika salah satu dari komponen otak tersebut ngambek ....

Tadinya saya nulis tentang otak karena saya agak capek mikir tentang kehidupan [hayaaaa] dan pingin tahu bagaimana manusia itu kalau lagi berpikir, otak tuch ngapain aja sih...dan malah tahu, walah ternyata tidak mikir saja otak sudah bekerja .... hmmm kurang ilmu sekali saya ini.

Baiklah penjelajah dunia maya, hargailah otak kamu yaaaa ....kerjanya luar biasa sekali loch untuk menyokong hidup kita, dan elemen-elemennya murni sekali sehingga apa yang kita lihat, serap dan pelajari jika tanpa filter akan menjadi satu lekatan memori dan menjadi dasar manusia bertindak.

Misal kita memelihara marah... ya yang dikenal otak akan bereaksi sangat cepat pada singgungan batin dan meledakan marah yang semakin besar dari hari ke hari.

Misal kita dibiarkan berbohong maka yang dikenal otak berbohong adalah jalan penyelesaian masalah. Jadi ketika ada masalah kebohongan adalah hal yang dicari untuk menjadi penyelesaian.

Nah Serapan yang saya maksut juga merujuk pada agama. 
Agama apapun mengajarkan kepada kebaikan dan kebaikan yang kita pelajari dari hari ke hari akan menjadi pupuk yang baik untuk otak kita dan menjadikan kita manusia yang penuh damai, IN SHAA ALLAH.

Sekian ulasan saya sambil takjub dengan otak manusia loch ini 
Luar biasa ciptaan Illahi












https://shiterunda.blogspot.co.id/2015/07/bagaimanakah-cara-kerja-otak-manusia.html
http://www.sridianti.com/apakah-fungsi-korteks-serebral-otak.html
http://dayaingatotak.com/blog/otak/fungsi-cara-mengaktifkan-otak-kiri-agar-optimal.html
http://biologi.budisma.net/kelenjar-pituitari-fungsi-dan-hormon-yang-dihasilkan.html
http://www.sridianti.com/hipotalamus-pengertian-dan-fungsi.html
http://budisma.net/2015/02/fungsi-basal-ganglia.html
http://fungsi.web.id/2015/04/fungsi-serebelum-otak-kecil.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HINATA HYUGA

SABUN SUSU KAMBING [GOAT MILK SOAP]

MORNING HAS BROKEN