SCARLET HEART RYEO .....Versi Saya penyuka Drama Korea



Pagi Penjelajah Dunia Maya

Ohayo gozaimasu minasang

Good Morning Everybody 

Drama Korea adalah bagian dari K-wave atau Korea wave yang di benderakan menjadi Hallyu atau Arus Han atau Hankok kata lain dari KOREA. Bagian lain Hallyu adalah K-pop, K-Food, K-Movie, K-Animation, K-Fashion, Games dan Wisata. Kampanye budaya yang diusung secara konsisten oleh Korea Selatan ini, bisa dikatakan beberapa tahun ini SUKSES BESAR, Daebak!!!! 

Iya, Korea Selatan serius sekali menjalan kan program Hallyu nya sehingga di semua media dunia baik online maupun cetak tidak ada yang tidak pernah mengulas mengenai salah satu dari K-Wave ini.

Saya jadi ingat invasi kartun Jepang jaman saya kecil dulu, semua produksi animasi maupun cerita untuk anak tidak ada yang mengalahkan Jepang. mendampingi parade film anak, karya Walt Disney. Saya ingat candy-candy, Ikyu San, Voltus V, Kamen Rider, Gogle V, Ksatria Baja Hitam dan sampai yang saya tidak suka MEGALOMAN hahahaha...
Belum lagi komik-komiknya. Menurut saya pribadi loch ini, ide Hallyu atau K-wave adalah pengembangan dari apa yang Jepang telah mulai dan Viola Mozaltov!!!!
Salut untuk Korea Selatan...ehm wish one day I will be there, dan Jepang jatuh cinta pertama pada negeri lain selain INDONESIA, wish I also be able there... Aamien... hayoo ada yang mau ngajak gak???

K-Wave di mulai dari Drama koreanya. Buat saya drama korea atau suka disingkat DRAKOR ini, ceritanya keren, pengambilan gambarnya pinter sekali, ada close shoot untuk hal-hal sentimentil dan long shoot untuk scenery atau keindahan alam dan menggambarkan kebersamaan. Jadi sentimentil dari drama atau adegan yang sedang diangkat terasa. Seperti bergandengan tangan diperlihatkan dari proses meraih tangan pasangan, atau eye to eye yang penuh emosi jiwa, baik cinta, marah, dendam dan kawan-kawannya.
Dan buat saya, Drakor selalu ada pesan moral dari kalimat perumpamaan dan sikap santun pada orang tua dan perempuan. Tentu tidak semua pelakon seperti itu kan perlu peran antagonis nya kan biar cetar membahenol.

Seingat saya, INDOSIAR adalah stasiun TV swasta yang pertama menayangkan drama-drama Asia kekinian, termasuk china, Jepang dan BOOM!! Korea.
Rentetan DRAKOR yang sudah saya tonton dengan H2C karena nunggu jam tayang adalah: Full House, Sassy Girl, Boys Before Flower, Hunter City, Scent of Woman, Coffee Prince, Princess Hour, My Love from the star, Heirs, Faith, Personal taste,Twinkle-twinkle, Hwang Geum Bok, The Doctors, Endless Love, Second to Last,  dan lain-lain yang lupak.... nah sekarang lagi sabar, telaten dan setia menunggu SCARLET HEART.

Untuk film-film di atas actor yang paling gampang saya inget itu Lee Min Ho [oppaaaaaaaaa... haizz] dan Rain, mengingatnya gampang dan memang suka si dengan gayanya.


Dan yang inget cerita detilnya hanya beberapa, tapi membekas. Jadi inget waktu masih ngeronda dengan Hwang Geum Bok, ada teman yang plesetin 

"apa? kucing ke gembok?

hahahah gemboknya si iya, kucingnya tu darimana asal nyaa yaaa...tapi saat itu saya ketawa geli.
  
Scarlet Heart ceritanya sangat menarik [kayak dewi bertangan 9 gitu, bisa narik dari mana2]. Fiksi tapi sekali lagi menarik sekali, diangkat dari novel China Bu Bu Jing Xin karya Tong Hua, yang menjadi penulis buku dan cerita di Drama ini selain dari Jo Yoon Young yang bertugas penuh dalam drama dilapangan, ehm. Mulai ditayangkan perdana tanggal 29 Agustus 2016, dan berakhir pada episode 20. Cerita ini mengangkat dinasti GORYEO. Pada dinasti tersebut, tersebutlah 14 pangeran yang memiliki karakter masing-masing, maklumin aja ya, mereka beberapa berbeda ibu. Pemilihan pemain untuk masing-masing karakter TeOPe lah. 

Berikut nama - nama Wang [pangeran] nya:
Pangeran 1, Wang Moo [Kim San Ho]
Pangeran 3, Wang Yo   [Hong Jong Hyun]
Pangeran 4, Wang So   [Lee Jon Gi]
Pangeran 8, Wang Wook [Kang Na Neul]
Pangeran 9, Wang Won   [Yoon Sun Woo]
Pangeran 10, Wan Eun    [Byun Baekhyun]
Pangeran 13, Wang Baek Ah [Nam Joo Hyuk]
Pangeran 14, Wang Jung      [Ji Soo]

Jangan tanya saya tentang pangeran kedua, kelima, keenam, ketujuh, kesebelas dan duabelas ya....rasanya mereka dalam cerita sudah awarahum alias almarhum atau cari karakternya susah hahahahha...

Yang menjadi sentral cerita adalah kehidupan kerajaan dan perebutan tahta diantara para petinggi dan pangeran Kerajaan.

Cerita dimulai ketika Ko Ha Jin [Lee Ji-Eun/ Ui]  mengalami tekanan dalam kehidupannya dan disaat yang sama terpaksa menolong seorang bocah lelaki yang tercebur ke danau, disaat mendekati gerhana matahari. Setelah menolong Tetiba dia tertarik jauh kekedalaman danau dan timbul di kolam pemandian para pangeran. Iiiiih ngintip niye .... wkwkwk ...kejadian tersebut di gambarkan dengan ekspresi yang luar biasa dari semua pemainnya. Perempuan berusia 25tahun tersebut telah terbalut dalam tubuh Hae Soo [Lee Ji-Eun/ Ui] yang berusia 21 tahun.

Hae Soo dengan keterkejutannya dan didikan modern nya telah membuat suasana lingkungan istana dan sekitarnya semarak dengan canda dan tawa. Hampir semua pangeran jatuh hati pada ketulusan dan spontanitas Hae Soo.
Cinta pertama Hae Soo jatuh pada Pangeran Wook yang tenang dan lembut, saat itu pangeran tersebut merupakan suami dari sepupunya, Myung Hee. Dan Hae Soo juga merupakan cinta pertama Pangeran Wook.
Sebagai keluarga kerajaan, pernikahan itu seperti jual beli untuk memperkuat kerajaan, demikian juga dengan yang dijalani Pangeran Wook. Dia menghormati penuh istrinya namun tidak memiliki cinta terhadapnya. Hae Soo lah yang membuat dunianya penuh dengan keriangan, merasakan warna dunia dan getaran hati.
Namun untuk melindungi keluarga, Ibu dan adiknya Hwangbo Yeon Hwa [Kang Han-na], dimana adiknya terlibat dalam upaya meracuni pangeran 1 maka ia memilih dan memutuskan untuk melepaskan cintanya. Konyolnya adalah digambarkan betapa pengecutnya dia dan terduduk sendiri dilantai dan tergugu dalam tangis mengiba.
Pada kondisi seperti itu saya melihat satu penggalan pengalaman seorang yang saya kenal ketika melepas cintanya, menangisnya kayak gitu hahahha....kasihan dia. 
Pangeran Wook menetapkan koalisinya pada sisi kekuatan kerajaan dan bersedia menjadi penghianat. Dalam strateginya dia selalu berada dibelakang layar sebagai pemberi ide, dia tidak mau masyarakat tahu dan melihat sosoknya dalam garis keras. Pada akhirnya Wang Wook menjadi tokoh yang bengis dan ambisi. Menarik sekali perubahan karakter yang ditunjukkan tokoh Pangeran Wook ini, kelembutannya digambarkan habis karena keadaan dan berubah menjadi tokoh antagonis.

Sementara Hae Soo terperanjat dengan kondisi yang ada, Pangeran Wook yang menyentuh hatinya dan menguatkan langkahnya berubah. Disaat Hae Soo harus menghadapi hukuman kambing hitam dijalaninya tanpa Wook. Dalam keutuhan cintanya, akhirnya dia menerima Pangeran So dan mencintai sosoknya lahir batin.
Hatinya yang terluka akibat perubahan pangeran wook dan kondisi yang ada mencederai lahir dan batinnya, sehingga berpengaruh pada jantungnya. Soo Sendiri digambarkan juga mengalami perubahan karakter dari periang dan sembrono menjadi tegar, santun. Namun kemuliaan dan kelembutan hatinya tetap bersinar. Senyuman dan tatapan Hae Soo ini komplit, kadang lucu, romantis, melankolis dan lugu. SUKAK BANGET. Oiya satu yang Hae Soo tidak sadari adalah perebutan kursi bukan semata pada kursi kaisar atau Raja tetapi juga perebutan kursi permaisuri.

Hae Soo beruntung di cintai oleh Pangeran So, yang bersedia susah dan senang disisinya, bagaikan serigala gila yang hanya mencintai satu pasangannya, pangeran So merendahkan diri untuk melindungi Soo, maka dalam kesulitan itulah cinta Hae Soo bersemi. Hae Soo jugalah yang merubah penampilan pangeran So yang wajahnya tergores luka panjang menjadi bersih dan tampan. 

Pangeran So ini digambarkan sebagai serigala pembunuh, anti sosial dan penyendiri. Ilmu pedang dan tarung nya terkenal. Namun siapa nyana kondisi itu adalah untuk proteksi dirinya yang dari kecil sudah disia-siakan oleh Ibu Kandungnya. Menjadikan dia, penyendiri dan bertanya tanya dengan kondisinya. Momen sedih saat dia berusaha membuat Ibunya bangga terhadap dirinya. Keberuntungannya adalah JI Mong, Penasehat Istana, menyampaikan kepada kaisar bintang terang Pangeran So, sehingga Raja saat itu menjaganya walau dari jauh.
Keteguhan hati So membuatnya bertahan di Istana dan kecintaannya pada So membuatnya berbalik ingin menguasai Istana. Untuk merubah aturan kerajaan. Moment titik baliknya adalah saat ia harus membunuh Pangeran Eun karena kondisi.

Nah pada saat saya mengakhiri menulis ini saya belum melihat 4 episode terakhir. Jadi apakah Hae Soo akan meninggal, atau So akan meninggal atau apa hayooo

nanti ya saya revisi lagi...ini juga udah beberapa hari nulisnya kwak kwau  

TAMBAHAN:
Nah sekarang 2 november 2016, saya dong udah selesai nonton 20 episode dari Scarlet Heart yang hot hot kutahei hei... well its 'NGAWANG' ending but thats the classic of drakor, ...disuru mbayangin sendiri gimana kira-kiranya.
Untuk ending drakor yang satu ini, potensi sekuelnya besar, saya si ngarep, pindah ke dunia modern hehehhe....

Akhirnya Hae soo melepaskan soo dengan meminta bantuan Wang Baek Ah untuk menyampaikan ke wang Jung. Wang Jung memiliki wasiat raja sebelumnya untuk menikahi Hae Soo.

Dan Hae Soo meninggal dalam kerinduannya kepada Soo, walaupun dia telah dilindungi oleh Pangeran Jung namun hatinya tidak bisa tidak merindukan yang artinya juga mencintai Pea Soo [gak pake NG]. Dan Raja So karena kecemburuan dan amarahnya menyesal tidak mendapati surat-surat yang dikirimkan Jung.

Hae Soo dan Soo sendiri memiliki seorang putri yang dirawat Jung, dan meminta Jung untuk tidak membawanya ke Istana.

Lalu ada scene dimana KO Han Jin masih beraktifitas di dunia modern sebagai pramuniaga kosmetik dan parfum. Kemudian setelah setahun bermimpi Garyeo dia menyadari mimpinya adalah apa yang dia pernah jalani di Garyeo. Dan membawa kesedihan terdalam telah meninggalkan cinta sejatinya Raja So. Lalu [lagi] di close shoot muka Raja So dengan voice over bahwa dia tak akan melepaskan Soo dan akan mencarinya di dunia lain ...

potensi sekuel kan tuuuu tanda2 nya .....hmmm tapi gak tau juga si, kaya scent of women juga gantung tapi gak ada sekuelnya ...beuuuuhhhhh sekali lagi ngarep.  
ehm dalam scarlet heart..... bisa dinyatakan:
Begitulah Cinta
cinta itu kompleks, complicated! 
Dan dalam Scarlet Heart ini disugguhkan segala bentuk cinta.

Cinta bertepuk sebelah tangan
Cinta yang menimbulkan kebodohan
Cinta yang mendorong ambisi
Cinta yang tulus
Cinta yang penuh pengorbanan
Cinta apalagi ya... nonton deh dan terusin aja dalam hati bentuk cinta yang penjelajah dunia maya temukan.

Dan pada akhirnya sampai pada kekosongan diri terpisah dari orang yang dicintai, juga memori yang tidak akan hilang pada orang yang dicintai.
jadi inget asistennya Hae Soo di Damiwon, chaerl rung eh gimana ya nulisnya...     

Intinya dalam cerita ini, semua manusia membawa memorinya dan memori yang berkesan itu adalah rasa cinta yang pernah timbul.

Saya harus bilang cerita ini walaupun dalam catatan adalah fiksi tapi cerita yang dihidupkan humanis sekali, siapa pun pernah merasakan cinta dengan kondisi dan kendala yang dihadapi.


Maka katakan lah cinta pada orang yang kamu cintai, tidak perlu menunda, sebelum jarak dan waktu memisahkan, jika memang tidak berbalas paling tidak kesempatan itu telah kamu ambil.

Hidup CINTA

ok yang belum nonton jangan pake ragu ya.

http://www.lovelytoday.com/topkpop/2014/11/21/23792/ini-dia-rahasia-k-wave-sukses-mendunia

http://melviyendra.com/2012/12/04/bagaimana-demam-korea-bermula/

http://www.academia.edu/2097286/Hallyu_Hallyu_Hallyu....._dan_Indonesia_dan....dunia....dan...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HINATA HYUGA

SABUN SUSU KAMBING [GOAT MILK SOAP]

MORNING HAS BROKEN